Minggu, 28 Juni 2020

Cerita Pendek Workshop Online Sagusablog "Perjalanan dari Workshop Sagusablog 12 ke Sagusablog 42"

PERJALANAN WORKSHOP "SAGUSABU" MULAI 2018 - 2020 

Berawal dari ketertarikan saya terhadap kegiatan gerakan menulis buku yang diselenggarakan oleh pengurus IGI Jakarta dengan Media Guru, dimana saya menjadi salah satu peserta pada kegiatan pelatihan menulis buku dengan tema "Sagusabu Jakarta 3". Kegiatan diklat menulis buku tersebut pada akhirnya menuntun saya untuk menjadi anggota IGI, karena saya melihat organisasi profesi guru IGI ini berbeda dengan organisasi profesi yang sama, karena menurut saya IGI mendorong para guru membuka wawasan dan selalu harus meng-up grade diri dalam meningkatkan kapasitas dan kemampuan saya sebagai seorang guru. Keikutsertaan saya untuk menjadi anggota IGI, yang dilatar belakangi adanya keinginan untuk menambah wawasan dan pengetahuan saya, karena IGI merupakan organisasi profesi guru yang Insya Allah memberikan fasilitas untuk peningkatan kapasitas dan kompetensi guru. Tidak lama berselang setelah saya terdaftar menjadi anggota IGI, saya mendapat informasi mengenai workshop "SAGUSABLPG" Angkatan 12 Tahun 2018" dan bagi saya kegiatan workshop secara online dalam pembuatan blog ini menjadi menarik terutama di era globalisai dan informasi ini, karena seorang guru juga harus mengikuti perkembangan teknologi informasi dan komputer supaya proses pembelajaran bisa lebih variatif dengan menggunakan media dan teknologi informasi.


Pengalaman mengikuti workshop "SAGUSABLOG" Angakatan 12 Tahun 2018 memiliki pengalaman tersediri karena ketika itu, meskipun harus agak terseok - seok dalam mengikuti dan menyelesaikan setiap modul karena kemampuan informasi dan teknologi komputer saya yang masih dibawah standar sampai sampai hampir putus asa, namun alhamdulilah kecemasan itu terobati dengan adanya kesalahan dalam membuat blog yang pertama dan sampai tiga hari belum bisa menyelesaikan modul. Ada pepatah kegagalan adalah awal dari keberhasilan, karena dari kesalahan tersebut akhir sedikit demi sedikit saya memahami langkah langkah dalam membuat blog dan semoga sesuai dengan waktu yang ditentukan oleh pendiri kegiatan Sagusablog satu bisa menyelesaikan pembuatan blog dengan sempurna sesuai modul dan kriteri penilaian sehingga bisa lolos untuk mengikuti pelatihan blog pada tingkat selanjutnya. Namun kebijakan saat itu pemberian sertifikat apabila peserta bisa menyelesaian workshop SASABLOG pada tingkat lanjut, karena suatu hal dan kesibukan dalam pekerjaan maka saat itu saya tidak bisa mengikuti workshop SAGUSABLOG tingkat lanjut sehingga saya tidak sampai mendapatkan sertifikat kegiatannya. Ketika dunia dihebohkan dengan adanya pandemi Covid 19, termasuk Indonesia terkena dampak pandemi Covid 19, sehingga pemerintah menurunkan kebijakan mulai dari Sosial Distancing, Physical Distancing dan Pembatasan Sosial Bersekala Besar (PSBB) dan Work For Home (WFH), muncul rasa jenuh setelah kurang lebih melakukan WFH sekitar lebih dari 3 bulan mendorong saya untuk mengisi salah kegiatan WFH dengan mengikuti beberapaka kegiatan webinar dan workshop secara online dengan membuka laman SIM Guru Pembelajar IGI, dan salah satunya saya mendaftar untuk mengikuti workshop "SAGUSABLOG" Angkatan 42 Tahun 2020. Ternyata pengalaman mengikuti workshop "SAGUSABLOG" Angakatn 42 Tahun 2020, memilliki pengalam tersendiri juga meskipun saya pernah selesai dalam mengikuti workshop "SAGUSABLOG" tidak otomatis secara sekejap bisa menyelesaian seluruh tagihan tugas modul 1 sampai dengan modul 6. Hal ini memberikan keyakinan bahwa keterampilan dan ilmu itu harus terus diasah dan digunakan dan jangan malu untuk bertanya atau share kepada mentor. Pada hari pertama mengikuti kegiatan workshop "SAGUSABLOG" Angkatan 42 Tahun 2020, jujur saya agak kurang fokus, karena dalam waktu yang bersamaan saya mengikuti 3 kegiatan workshop online dan salah satu kegiatan harus saya gagalkan yaitu kegiatan Webinar SAGASAVI karena tagihan nya tidak bisa saya penuhi dan hanya dua workshop yaitu workshop "SAGUSABLOG" Angaktan 42 Tahun 2020 dan workshop "Pengembangan Instrumen dan Analisis Test Standar Penilaian dan Penelitian", yang alhamdulilah bisa saya penuhi semua tagihan tugas kegiatannya. Akhir kata saya katakan kegiatan workshop "SAGUSABLOG" ini Insya Allah bagi sangat bermanfaat terutama dalam menunjang kegiatan proses pembelajaran dan berbagi ilmu dengan orang lain, sehingga saya sampai mengikuti kegiatan workshop "SAGUSABLOG" sampai dua kali, semoga kegiatan workshop tahun ini bisa tuntas sampai ke workshop tingkat lanjut. Terimakasih pada penggagas dan para mentor workshop "SAGUSABLOG" semoga terus berlanjut dan terima kasih saya sampaikan semoga Allah memberikan balasan yang setimpal dan menjadikan amal terhadap ilmu yang diamalkannya. Aamiin yaa Rabballaalaamiin.

Cianjur, 17 Juni 2020

Peserta Workshop "SAGUSABLOG" Angaktan 12 Tahun 2018 & Angkatan 42 Tahun 2020

Hormat Saya,


YADI MULYADI, S.Pt., M.P., M.Pd.  

0 komentar:

Posting Komentar

Cerita Pendek Workshop Online Sagusablog "Perjalanan dari Workshop Sagusablog 12 ke Sagusablog 42"

PERJALANAN WORKSHOP "SAGUSABU"  MULAI 2018 - 2020  Berawal dari ketertarikan saya terhadap kegiatan gerakan menulis buku yang...